Video

Jokowi Penguasa? Keliru! | 100 Hari Politik Bongkar ala Jokowi – SATU MEJA THE FORUM (Bag3)



Ketua YLBHI Asfinawati menyebut perjalanan pemerintahan Presiden Jokowi mirip dengan orde baru. Sementara mantan aktivis & jubir Presiden Fadjroel Rahman membantah keras.

Pemerintahan Joko Widodo Maruf Amin telah berjalan seratus hari sejak pasangan ini dilantik pada 20 Oktober 2019 lalu. Berbeda dengan periode pertamanya, Jokowi tidak memasang target seratus hari di periode kedua. Meski demikian, langkah politik Jokowi penuh kejutan sepanjang tiga bulan pertama.

Dimulai dengan merangkul rival kontestasi pilpres, Prabowo Subianto, dan motor oposisi, Partai Gerindra, ke dalam pemerintahan. Hal ini seakan membongkar (dekonstruksi) fatsun politik. Kesakralan sejumlah posisi di kabinet dan lingkar istana juga dibongkar. Jokowi menunjuk CEO Gojek Nadiem Makarim (35 tahun) sebagai Mendikbud.

Posisi staf khusus yang biasanya diisi figur-figur senior, diserahkan kepada para milenial. Di bidang hukum, Jokowi membongkar independensi KPK dengan memasukkan dewan pengawas. Desentralisasi peraturan dibongkar melalui omnibus law. Sementara rencana relokasi Ibu Kota berlangsung seketika, seakan ingin membongkar kompleksitas pemindahan Ibu Kota Negara. Lantas, apa yang diinginkan Jokowi dengan berbagai politik dekonstruksi di awal periode keduanya?

#SatuMeja #Jokowi #100HariKerjaJokowi

source

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button