Berita Hoax

[SALAH] Cat Kuku Pendeteksi Obat Pemerkosa termasuk obat GHB

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Klaim tersebut salah, faktanya Date Rape Drug test dapat mendeteksi jenis obat Xanax atau alprazolam, Valium (diazepam), dan flunitrazepam, namun tidak dapat mendeteksi jenis obat GHB yang umum dipakai untuk obat pemerkosa.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3yRx6Xm

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/SALAH-Pendeteksi-GHB.pdf

= = =
Narasi:
“four college students from north carolina state university developed a nail polish that changes color when exposes to date rape drugs, including GHB, rohypnol, and xanax. the wearer can stir her drink with a finger. if her drink was tempered with, she’ll know within seconds.”

Translate:

“empat mahasiswa dari north carolina state university mengembangkan cat kuku yang berubah warna saat terkena obat pemerkosaan, termasuk GHB, rohypnol, dan xanax. pemakainya bisa mengaduk minumannya dengan jari. jika minumannya ditempa, dia akan tahu dalam hitungan detik.”

= = =
Penjelasan:

Beredar sebuah informasi bahwa empat mahasiswa dari North Carolina State University mengembangkan cat kuku yang dapat mendeteksi obat pemerkosa, termasuk GHB obat yang umum dipakai untuk obat pemerkosaan.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Dilansir dari cnbc.com, alat pendeteksi tersebut dapat mendeteksi Xanax atau alprazolam, Valium (diazepam), dan flunitrazepam, namun tidak dapat mendeteksi GHB obat yang umum dipakai sebagai obat pemerkosaan dan Ketamin yang biasa dipakai untuk obat bius.

Dilansir dari sehatq.com, GHB atau Gamma Hydroxybutyrate merupakan depresan sistem saraf pusat, fungsinya untuk menenangkan yang mengonsumsinya.

Dengan demikian klaim cat kuku pendeteksi obat pemerkosa termasuk obat GHB merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi :
https://www.cnbc.com/2018/09/05/date-rape-drug-test-allows-women-to-discreetly-check-for-spiked-drinks.html
https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-obat-ghb-yang-sering-disalahgunakan-saat-pemerkosaan

= = =
Editor: Bentang Febrylian

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button