Berita Hoax

[SALAH] Laboratorium Pfizer di Madrid Terbakar

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, pihak Pfizer dan pihak keamanan setempat menegaskan bahwa kebakaran dialami oleh sebuah pabrik kompos yang berlokasi di belakang Laboratorium Pfizer di Madrid.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.md/cbGqJ

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Laboratorium Pfizer di Madrid TERBAKAR”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Aisha Reyes” (https://www.facebook.com/aisha.reyes.77377) mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar video suatu bangunan yang terbakar. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa bangunan yang terbakar dalam foto tersebut adalah Laboratorium Pfizer di Madrid.

Melansir dari Politifact, juru bicara Pfizer, Andrew Widger menjelaskan bahwa Pfizer memang memiliki sebuah laboratorium di wilayah San Sebastián de los Reyes di Madrid, Spanyol, tetapi Widger menegaskan bahwa tidak ada kebakaran yang terjadi di laboratorium tersebut.

Lebih lanjut, Badan Keamanan dan Layanan Darurat Madrid melalui akun Twitter resminya, 112cmadrid, mengunggah keterangan bahwa kebakaran terjadi di pabrik kompos yang berlokasi di belakang Laboratorium Pfizer. Kebakaran terjadi karena petir menyambar pohon, ranting, dan merambat ke tumpukan material kompos lainnya. Unggahan tersebut juga disertai dengan video kebakaran yang diambil dari sudut yang berbeda.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Aisha Reyes” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/False Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.politifact.com/factchecks/2021/sep/07/viral-image/no-video-doesnt-show-pfizer-lab-fire-madrid/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button